Artikel

Puasa ? Inilah 4 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Maag

Mayoritas orang memiliki maag, namun tingkat kekambuhan dan keparahannya berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Sebentar lagi kita di hadapkan dengan bulan suci Ramadhan bulan yang paling di tunggu-tunggu untuk melaksanakan ibadah wajib puasa ramadhan. Bagi anda yang memiliki penyakit maag kini jeligamatqnc.com melansir dari sumber-sumber terpercaya beberapa makanan yang baik untuk penderita maag.

Inilah 4 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Maag

1. Madu 

madu untuk penyakit maagMadu dapat bekerja untuk menenangkan lapisan lambung dan juga memiliki sifat anti bakteri yang menghancurkan bakteri yang ada, selain itu madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi lambung dan saluran cerna dari berbagai kuman berbahaya. Madu alam ternyata mengandung banyak senyawa bermanfaat bagi kesehatan, cairan kental madu yang dihasilkan oleh lebah ini mengandung fruktosa, glukosa, magnesium, sodium, besi, belerang dll.

Didalam madu juga terdapat berbagai macam hormon. Madu untuk pengobatan sakit maag dan ulkus peptik dianggap salah satu perawatan alami terbaik karena sifat Madu yang mudah dicerna dan juga membantu pencernaan, maka dianjurkan bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat madu tersebut konsumsilah satu sendok madu segera setelah makan.

Madu untuk pengobatan maag terbukti efektif, seperti dapat dilihat dari berbagai studi yang menunjukkan bahwa madu dapat membantu penyembuhan berbagai luka borok khususnya tukak lambung terutama yang disebabkan karena bakteri berbentuk spiral yang disebut Helicobacter pylori, serta berbagai penyebab faktor lain meningkatnya asam lambung seperti stres berlebihan, makanan, atau penggunaan obat-obatan NSAID / anti nyeri dalam jangka panjang yang akhirnya menyebabkan seseorang mengalami penyakit maag kronis hingga mengalami perlukaan pada lambungnya. Sebuah ulkus lambung atau ulkus peptikum pada dasarnya adalah sebuah lesi yang terbentuk di lapisan lambung kita. Selama bakteri helicobacter pylori masih menempel pada sel-sel lambung maka tentunya bakteri itu akan melemahkan mekanisme pertahanan lambung . Selain itu Bakteri ini juga mampu merangsang produksi asam lambung berlebihan, dan walhasil tingginya asam lambung tersebut akan menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan yang mengakibatkan penyakit maag dan gangguan lain seputar lambung anda. Oleh karena itu saya rekomendasikan obat lamai ala rasul dengan madu untuk mencegah dan mengobati gangguan lambung anda. Semoga bermanfaat,

Salam sehat dan bebas penyakit lambung, dr. Wahyu triasmara

2. Yogurt / yoghurt

yogurtdYoghurt atau yogurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt. Yoghurt tersedia dalam beraneka macam rasa, rasa alami, rasa buah, rasa vanilla, atau rasa cokelat juga populer.

Yoghurt bersifat mengaktifkan friendly bacteria (bakteri bersahabat) di dalam usus sehingga dapat memperbaiki dan menyempurnakan fungsi pencernaan. Tidak hanya itu, yoghurt memiliki daya antibiotika yang dapat menghindarkan pembusukan terlalu dini di dalam usus halus, sehingga dapat menormalkan keseimbangan di dalam usus halus. Yoghurt diperlukan oleh orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan dan para lansia. Kadar asam lambung orang-orang yang telah lanjut usia umumnya mengalami penuruan hingga 85%. Bagi mereka, yoghurt berfungsi untuk memperbaiki dan memperlancar kembali system pencernaan.

3. Brokoli

brokoliBrokoli yaitu tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Beragam penelitian tentang brokoli mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dalam brokoli sangat besar sehingga mampu menekan risiko kanker. Namun, penelitian terbaru dan lebih spesifik mampu memberikan gambaran kemampuan brokoli dalam menekan risiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan kemungkinan kanker perut.

Dalam sebuah studi di Jepang, para ahli mendapati fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama dua bulan dapat melindungi tubuh manusia dari bakteri perut yang terkait penyakit maag, infeksi lambung, bahkan kanker perut.

Kandungan sulforaphane yang ada dalam brokoli dapat memicu enzim dalam perut sehingga memberikan perlindungan terhadap senyawa radikal yang dapat merusak DNA dan menyebabkan peradangan.

Sulforaphane dalam brokoli juga diketahui mampu meningkatkan produksi enzim fase II di hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen yang dihasilkan dari senyawa prokarsinogen dan mengeluarkannya dari sel. Perlu diketahui, kandungansulforaphane dalam kecambah brokoli segar lebih tinggi daripada brokoli yang sudah direbus terlalu matang.

Tips : Pilihlah brokoli yang berwarna hijau gelap. Selain dimakan langsung sebagai lalapan, brokoli juga bisa dicampur sayuran dan buah lain untuk salad. Atau pilihan lainnya, Anda bisa mengonsumsi brokoli dalam bentuk jus.

4. Kurma

kurmaBagi penderita maag, serangan rasa nyeri dan mual saat berpuasa tentu sangat menganggu. Lantaran itu, tak sedikit Muslim yang akhirnya memutuskan untuk tidak berpuasa.

Jerry D Gray, dalam bukunya Rasulullah Is My Doktor, mengatakan buah kurma sangat baik dikonsumsi guna mengatasi semua jenis permasalahan perut. “Dengan mengkonsumsi tiga kurma di pagi hari dan tiga kurma pada petang harinya, anda akan mampu merasakan perbedaan pada perut anda,” katanya.

Saat berpuasa, minumlah satu sendok makan besar sari kurma sebagai makanan terakhir yang dikonsumsi sebelum berpuasa. Hal ini akan menghilangkan sakit perut apapun atau iritasi perut saat berpuasa.

“Sebagai hidangan pembuka, kurma sangat sempurna karena merupakan cara yang paling aman untuk meningkatkan kadar gula darah anda,” katanya. di kutip dari Ramadhan.Republika.co.id

Banyak sekali makanan yang baik untuk di konsumsi di saat sahur dan berbuka puasa namun tidak semuanya dapat di bahas di artikel kali ini, semoga 4 makanan yang biasa kita temui ini dapat menjadi jalan bagi lancarnya puasa kita, amin

kami jeligamatqnc.com mengucapkan terimakasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat 🙂

Recomended

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!